VGA Card dengan Berbagai Jenis, Kelebihan dan Kelemahannya

VGA card sering disebut juga sebagai kartu grafis maupun video card yang mana alat yang satu ini memiliki fungsi dalam hal menterjemahkan maupun untuk mengubah sinyal digital yang ada dari komputer dan menjadi tampilan grafis yang ada di monitor, sedangkan pada video graphic adapter memiliki fungsi untuk menterjemahkan pada output atau keluaran yang ada dari komputer ke monitor.

VGA termasuk pada perangkat keras yang nantinya akan melakukan rendering maupun pemrosesan keluaran atau output berupa visual yang nantinya akan ditampilkan pada layar monitor. Sedangkan bentuk pada VGA laptop maupun VGA computer itu sendiri pun mirip sekali dengan kartu yang ditancapkan di slot yang ada di motherboard di dalam komputer milik Anda. pada struktur VGA itu sendiri pun memiliki kemiripan dengan komputer yang sangatlah kecil. Pada VGA ini memiliki prosessor yang biasa disebut sebagai Graphic processing Unit atau GPU dan ditambahkan dengan memori yang ada di dalamnya.

Inilah beberapa jenis dari VGA card, yaitu sebagai berikut ini:

  • VGA on board.

Kelebihan:

  • Sudah satu paket dengan motherboardnya, sehingga bisa dipastikan tidak akan ada masalah yang ada pada komputer Anda pada saat digunakan.
  • VGA jenis ini pun juga gratis.
  • Ketika Anda membeli motherboard maka VGA ini sudah terpasang, sehingga akan menghemat bajet Anda.

Kekurangannya:

  • VGA on board ini tidak memiliki memori sendiri sehingga sistem kerja pada PC akan sedikit lambat.
  • VGA add on.

kelebihan:

  • Dapat melakukan pekerjaan rendering yang berat tidak mempengaruhi pada memori utama maupun RAM yang ada di dalam CPU.
  • Proses yang melibatkan grafis maka tidak akan terbebani oleh prosesor serta komputer Anda akan jauh lebih cepat dalam memproses segala sesuatu.

Kelemahannya:

  • Memiliki harga yang cukuplah mahal.
  • Komputer Anda membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang biasanya.
  • Bila Anda tidak memiliki power supply dengan kapasitas yang tidak besar, maka kinerja pada komputer tidak akan normal

Pada VGA itu sendiri pun juga akan ditambahkan pada memori yang ada di dalamnya. Sedangkan pada prosessor ini akan panas dan apabila dialiri dengan listrik pada saat bekerja, maka akan dibutuhkan heatsink sebagai penyerap dari panas serta kipas sebagai pengusir dari panas yang ada pada heatsink, sedangkan pada hal ini pun disebabkan karena GPU mempunyai suhu yang optimal kerja serta tidak boleh hingga overheat, sedangkan apabila overheat ini terjadi, maka VGA dapat mengalami kerusakan dan tidak akan bisa untuk digunakan kembali.

Untuk mendapatkan VGA ini pun Anda dapat membelinya di berbagai toko komputer, namun apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi toko komputer, maka Anda pun juga bisa untuk membeli di toko online, yang mana dalam hal ini Anda hanya mengandalkan hp canggih yang Anda miliki, maka VGA yang Anda inginkan pun akan cepat sampai di tangan Anda.

Jika Anda memang belum paham mengenai VGA card, maka Anda dapat untuk menggali beberapa informasi yang ada di dalam internet, karena semakin jaman mengalami perkembangan, maka semakin mudah pula bagi Anda untuk mengakses segala informasi yang ada di dalamnya, atau bisa juga Anda bertanya kepada teman maupun saudara yang jauh lebih mengerti mengenai komputer, dengan begitu maka Anda tidak merasa bingung lagi, terlebih lagi bagi Anda yang ingin melakukan pembelian, maka pengetahuan haruslah wajib dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *