Takut Tertipu Saat Belanja Online?

Berbagai cara dilakukan oleh penjual untuk menggaet minat pembeli, mulai dari iming-iming produk berstandar internasional hingga potongan harga besar-besaran. Bagi Anda yang sudah terbiasa belanja online, tentu hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. Namun bagi sebagian orang yang belum pernah bertransaksi online, ketakutan akan penipuan pun masih ada.

Untuk meminimalisir masalah-masalah yang terjadi di lapangan, pihak Blibli.com menerapkan sistem baru dalam  metode pembayaranya yaitu COD atau Cash On Delivery. Pembayaran dengan bertatap muka langgsung ini membuat pembeli tidak khawatir akan mendapat barang yang tidak sesuai harapan karena pembeli membayar saat bertemu dengan kurir.

Kusumo Martono selaku Chief Executive Officer (CEO) dari Blibli.com menyatakan bahwa COD merupakan salah satu bentuk pihak Blibli untuk meningkatkan rasa percaya masyarakat. Metode pembayaran ini sangat penting karena melibatkan konsumen secara langsung, walaupun kontribusi pendapatanya tidak sebesar metode yang lainya.

“COD itu penting bagi orang yang belum pernah berbelanja via online. Walaupun metode tersebut bukan termasuk fokus kami, setidaknya konsumen tahu bahwa belanja online itu aman jika dilakukan di tempat yang tepat” tutur Kusumo di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada Senin 28 September 2015 lalu.

Dengan adanya metode baru ini, diharapkan masyarakat lebih percaya serta merasa aman saat berbelanja. Lalu, bagaimanakah langkah-langkah belanja online dengan metode pembayaran COD yang ditawarkan oleh pihak Blibli? Simak ulasanya berikut.

  1. Pada laman “Pembayaran”, Anda bisa mmemilih opsi “bayar di tempat”
  2. Setelah itu Anda akan dihubungi oleh pihak kurir Blibli apabila pesanan sudah siap dikirim. Selain itu kurir akan memastikan waktu dan tempat terjadinya transaksi.
  3. Pembayaran COD hanya berlaku untuk produk tertentu yang bertuliskan “Dikirim oleh Blibli.com” kecuali tiket dan voucher serta hanya melayani wilayah pengiriman tertentu.
  4. Untuk saat ini, sistem COD hanya berlaku di beberapa kota besar di Indonesia diantaranya: Denpasar, Pangkal Pinang, tangerang, Cilegon, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Jambi, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok,Cirebon, Karawang, Sukabumi, Sumedang, Cimahi, Semarang, Sukoharjo, Solo, Magelang, Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Malang, Mojokerto, Probolinggo, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Kutai Kertanegara, Lampung, Bandar Lampung, Mataram, Pekanbaru, Makassar, Manado, Payakumbuh, Padang, Palembang, serta Medan.
  5. Minimum pembayaran dengan metode COD adalah 10 ribu rupiah dan maksimal 3 juta rupiah. Saat ini pembayaran dengan kartu kredit belum bisa dilayani apabila Anda memilih metode pembayaran COD, karena sistem ini hanya menerima pembayaran tunai atau cash.

Apabila setelah menerima barang dari kurir ternyata barang tidak sesuai harapan yang membuat pembeli menolak menerima produk, maka Anda tetap bisa melakukan retur atau pengembalian produk. Akan tetapi pengembalian tersebut tidak bisa dititipkan melalui kurir. Hal tersebut diberlakukan untuk mencegah kejadian-kejadian tak terduga selama proses transaksi di lapangan.

Proses pengembalian produk dengan metode pembayaran COD ini sama dengan metode pembayaran yang lain. Pengembalian produk dilakukan dalam waktu 15 hari sejak produk diterima, terhitung sejak produk sampai di tangan pelanggan hingga tanggal pengiriman barang.

Sebelum barang dikembalikan, pembeli harus mengisi formulir pengembalian yang terdapat dalam akun resmi Blibli.com. Di sini customer harus menyertakan alasan mengapa produk dikembalikan serta menggunggah bukti foto produk. Pihak Blibli akan menghubungi Anda dalam kurun waktu satu hari setelah produk diterima.

Itulah informasi mengenai metode pembayaran belanja online dengan sistem COD . Dengan begitu Anda tidak perlu takut atau pun ragu lagi saat berbelanja via online karena hal tersebut dapat dipastikan aman. Semalat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *