6 Cara Agar Kulkas Tetap Awet

Ada banyak peralatan elektronik di dapur Anda yang bisa dengan mudah membantu Anda dalam hal memasak atau mengolah makanan. Mulai dari kulkas, oven, pemanggang roti, bahkan ada juga mesin pencuci piring otomatis. Setiap peralatan elektronik tentu perlu dijaga baik-baik agar tidak mudah mengalami kerusakan. Apalagi kulkas yang merupakan tempat penyimpanan makanan, tentu perlu dijaga dengan lebih baik agar bisa tetap awet, bersih, dan terjaga dengan baik. Jika tidak dijaga dengan baik, maka kulkas akan dengan mudah mengalami kerusakan. Kalau sudah rusak, maka harus segera diperbaiki karena nantinya makanan yang disimpan di dalam kulkas akan jadi lebih cepat mengalami pembusukan. Nah, jika Anda tinggal di daerah Jakarta Barat, Anda bisa menggunakan jasa service kulkas Jakarta Barat. Tapi, sebelum mengalami kerusakan, ada beberapa tips yang bisa Anda simak dan ikuti agar bisa menjaga kulkas tetap awet dan tahan lama.

Buka Seperlunya

Semakin lama kulkas dibuka, semakin bertambah juga beban dari mesin pendingin yang membuat kulkas mengeluarkan udara dingin. Tentu saja, akibatnya adalah tagihan listrik yang semakin bertambah banyak karena kerja kulkas yang semakin berat kerja kulkas. Terutama buat anak Anda yang sering bermain di depan kulkas. Jangan dibiasakan seperti itu karena lama kelamaan juga akan membuat kulkas Anda dengan mudah rusak. Pastikan juga kulkas tertutup dengan rapat setelah dibuka.

Simpan Sesuai Tempatnya.

Jangan meletetakkan makanana di freezer karena sisa makanan akan sulit dibersihkan. Botol atau gelas juga disarankan untuk tidak diletakkan di dalam freezer, sebab kaca dapat pecar saat air didalamnya membeku.

Cairkan Bunga Es

Munculnya bunga es adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi di hampir setiap kulkas. Penuhnya freezer akibat adanya bunga es yang berlebihan selain mengganggu juga ternyata dapat mengurangi kinerja kulkas jadi tidak optimal. Untuk mencairkan bunga es, tekan tombol peleburan atau pencairan otomatis yang terdapat di kulkas. Jika memang di kulkas Anda tidak terdapat tombol itu, Anda juga bisa mencairkan bunga es dengan mencabut sambungan listrik dan biarkan bunga es mencair dengan sendirinya.

Tunggu Benda Panas

Untuk membuat makanan yang panas agar cepat dingin, terkadang kita sering langsung memasukkan makanan yang masih sangat panas ke dalam kulkas. Jangan keliru! Ternyata cara ini salah dan jangan diikuti. Hal ini akan membuat kulkas bekerja dengan lebih keras dan tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga listrik yang otomatis juga akan menambah pengeluaran Anda jadi semakin banyak.

Perhatikan Isi Kulkas

Terlalu banyak makanan yang disimpan di dalam kulkas kadang membuat kita jadi tidak memperhatikan apa saja isinya. Bahkan, mungkin saja ada beberapa makanan yang sudah kedaluwarsa yang terdapat di dalam kulkas Anda. Terlalu banyak makanan juga akan menambah kinerja kulkas. Apalagi bagi Anda yang sering menyimpan makanan di bagian pintu kulkas. Beban yang berat juga akan membuat pintu kulkas jadi lebih cepat dan mudah rusak.

Rutin Bersihkan

Mulailah dengan mencabut kulkas dari sumber listrik. Kemudian lepaskan wadah plastik di dalam kulkas. Kemudian mulailah keluarkan seluruh isi kulkas. Pada saat ini, Anda juga bisa menyortir makanan yang sudah kedaluwarsa atau sudah tidak layak untuk dimakan lagi. Kemudian mulailah mengelap bagian dalam dan bagian luar kulkas dengan menggunakan air hangat. Bersihkan setiap kotoran atau noda makanan yang tumpah di dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *